Tuesday, June 17, 2014

Bulan Ramadan Saat Yang Tepat Untuk Menggusur dan Bebaskan Lahan Orang

Kementerian Pekerjaan Umum menyebutkan momen menjelang Ramadan ini meningkatkan kecepatan pembebasan lahan. "Berpengaruh, karena mereka semua mau dibayar," kata Direktur Jenderal Bina Marga Djoko Murjanto seusai rapat kerja dengan Komisi Pekerjaan Umum Dewan Perwakilan Rakyat, Senin, 16 Juni 2014.

Ia menyebutkan pemerintah selalu mengeluarkan surat edaran kepada Tim Pengadaan Tanah untuk memanfaatkan momen Lebaran dengan maksimal. Selain itu, Djoko melanjutkan, direktorat jenderalnya sudah mengalokasikan uang yang bisa dicairkan kapan saja untuk pembayaran tanah.

Djoko mengungkapkan dana yang tersedia untuk pembebasan lahan saat ini Rp 300 miliar. Pembebasan lahan untuk jalan tol yang sudah dalam masa pembangunan biasanya mudah. Jalan Tol Depok-Antasari menjadi salah satu yang sudah dalam masa konstruksi.

"Untuk pemindahan uangnya, kami serahkan ke keuangan, lalu masuk ke DIPA-nya," kata Djoko.
Ia menjelaskan dana pembebasan lahan nantinya menjadi total Rp 1,5 triliun. Dana tersebut, Djoko menuturkan, bukanlah milik Badan Layanan Umum (BLU), tapi dikelola satuan kerja BLU. Ada uang di satuan kerja BLU, seperti bunga bank, yang dapat dimanfaatkan untuk land capping. Kementerian Keuangan pun sudah setuju.

"Tinggal proses administrasinya, harapannya sebelum Lebaran," katanya.

No comments:

Post a Comment