Wednesday, June 11, 2014

Bank Indonesia : Penjualan Eceran Pada Bulan April Alami Penurunan

Survei penjualan eceran oleh Bank Indonesia menunjukkan indikasi perlambatan konsumsi pada April 2014. Dalam survei tersebut, BI menyatakan pertumbuhan tahunan indeks penjualan riil (IPR) turun dari 17 persen pada Maret menjadi 16,2 persen pada April 2014.

"Perlambatan terjadi pada kelompok suku cadang dan aksesori, kelompok bahan bakar kendaraan, serta kelompok barang budaya dan rekreasi," demikian hasil survei yang dikutip pada Selasa, 10 Juni 2014.

Bank Indonesia menyatakan perlambatan penjualan eceran sejalan dengan hasil survei konsumen periode April 2014, yang menyatakan indeks keyakinan konsumen (IKK) turun dari 118,2 menjadi 113,9.

Dari sepuluh kota yang disurvei Bank Indonesia, Jakarta dan Surabaya mengalami perlambatan penjualan. Pelambatan di dua kota besar ini didorong oleh penurunan konsumsi kelompok bahan makanan.

Meski demikian, pertumbuhan penjualan riil pada Mei 2014 diprediksi masih stabil. Sebab, ada akselerasi penjualan yang terjadi pada mayoritas kota besar di Indonesia, kecuali Jakarta dan Makassar. Secara bulanan, penjualan riil diprediksi kembali meningkat sebesar 4,8 persen.

No comments:

Post a Comment