Monday, June 23, 2014

Tips Belanja Di Midnight Sale Jakarta

Festival belanja tengah malam aliasmidnight sale menjadi hiburan sekaligus gaya hidup masyarakat Ibu Kota. Ketua DPD Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat berbagi beberapa tip agar para pencinta belanja bisa lebih menikmatimidnight sale. Ellen mengatakan umumnya diskon tambahan pada midnight sale dimulai pada pukul 20.00 atau pukul 21.00 hingga pukul 24.00. Untuk menghindari antrean pada saat memilih barang dan membayar, Ellen menyarankan agar para pembeli memilih barang sebelum waktu midnight sale dimulai.

"Kalau sudah ada barang yang diincar, sebaiknya jam 18.00 atau jam 19.00 sudah mulai memilih dan mencoba. Jadi waktu diskon tambahan dimulai, bisa langsung ambil barang dan menebusnya di kasir," kata Ellen ketika dihubungi, Ahad, 22 Juni 2014. Saat midnight sale, Ellen mengatakan tak jarang calon pembeli batal bertransaksi karena sudah kelelahan dan tak sabar mengantre. "Padahal kan sayang, sudah capek milih-milih malah tidak jadi karena kelamaan antre," kata Ellen.

Pengelola Emporium Mall Pluit ini juga menyarankan agar calon pembeli datang kemidnight sale dengan perencanaan. Perencanaan terutama mengenai barang-barang yang akan dibeli dan batas pengeluaran. "Kalau tidak punya sasaran, bisa panic buying. Karena waktu melihat diskon besar-besaran, semua barang jadi kelihatan bagus. Setelah sampai rumah baru menyesal,ngapain beli ini-itu," kata Ellen.

Tip ketiga dari Ellen: belilah kebutuhan dasar yang modelnya tak mudah ketinggalan zaman. Dengan demikian, meskipun dibeli dalam jumlah banyak, barang itu masih bisa disimpan sebagai stok dan dipakai pada waktu mendatang. "Membeli keperluan rumah seperti bantal, handuk atau seprei, manfaatkan midnight sale. Jadi beli barang yang dibeli bukan karena model, distok di rumah beberapa bulan juga tidak apa. Ini membantu pengeluaran tidak terlalu besar," kata Ellen.

Pada akhir pekan ini, 16 pusat perbelanjaan di wilayah DKI Jakarta menggelar midnight sale. Ellen mengatakan midnight sale tak hanya menawarkan diskon, tetapi juga hiburan dan hadiah tambahan bagi para pembeli. Hajatan Jakarta Midnight Sale di pusat perbelanjaan Senayan City tadi malam dijejali pengunjung. Dari pengamatan , tempat yang paling padat dikunjungi pembeli adalah gerai tas dan sepatu wanita yang terletak di lantai dasar. Di lantai itu pula para pemburu aksesori bisa memuaskan hasrat belanja mereka.

Novita, salah satu penjaga gerai, mengatakan para pembeli yang umumnya wanita lebih memilih merek lokal karena lebih murah. "Kalau lokal, harga yang sudah didiskon sekitar Rp 300 ribu, yang impor bisa lebih dari Rp 1 juta," ujarnya, Sabtu malam, 21 Juni 2014. Adapun jumlah diskon yang ditawarkan produk tergantung pada merek, dari 20 hingga 70 persen.

Menurut Novita, pengunjung mulai memadati gerai pada pukul 19.00, dan umumnya mereka memilih barang terlebih dahulu sebelum acara diskon dimulai. Dalam Jakarta Midnight Sale tersebut, diskon mulai berlaku dari pukul 20.00 hingga 01.00.  Walaupun terbilang padat pada hari pertama, Jakarta Midnight Sale di Senayan City pada tahun ini diakui Novita lebih sepi dibanding tahun sebelumnya. Ini tak lain karena pada tahun lalu pesta diskon berbarengan dengan bulan puasa. "Kalau dulu bukanya lebih lama, sekarang kan jam satu sudah tutup," katanya.

Perihal sepinya hajatan tahun ini juga dituturkan oleh Sri, penjaga gerai lain. Menurut dia, selain karena tahun lalu ada faktor puasa, tahun ini lebih sepi juga karena lebih banyak saingan. "Kalau dulu yang kasih diskon cuma sedikit." Nia, salah satu pengunjung, mengaku cukup antusias mengikuti ajang perang diskon ini. Tiap kali ada pergelaran diskon seperti ini, dia memastikan akan hadir. "Ya, saya sih pasti ada tabungan khusus untuk ini, tapi tetap ada batasan anggaran," katanya.

Sabtu, 21 Juni, dan Ahad, 22 Juni 2014, bertepatan dengan peringatan hari ulang tahun Jakarta ke-487, 15 pusat perbelanjaan di Jakarta menggelar pesta diskon tengah malam. Pesta diskon tengah malam dibuka pada pukul 20.00 hingga 01.00. Sejumlah pengunjung Jakarta Grand Midnight Sale berharap frekuensi pergelaran tersebut lebih diperbanyak. "Kalau bisa enam kali setahun (ada pesta diskon), soalnya kalau di sini jarang ada diskon, " kata Fauzi, salah seorang pengunjung, saat ditemui di Senayan City, Jakarta, Sabtu malam, 21 Juni 2014.

Antusiasme juga ditunjukkan oleh Nia, pengunjung yang berbelanja sepatu. Dia bahkan mengaku menyiapkan bujet khusus untuk menyambut momen ini. Nia sendiri membeli sepasang sepatu impor dengan separuh harga dari harga awal yang berkisar pada Rp 1 juta.  Agak berbeda dengan Fauzi dan Nia, Roni, pengunjung lain, justru terlihat tak terlalu antusias. "Saya cuma nungguin istri, capek nunggunya. Tapi kalau istri, sih, pasti tiap tahun ke sini," kata Roni.

Jakarta Grand Midnight Sale digelar pada Sabtu dan Ahad, 21 Juni dan 22 Juni 2014, bertepatan dengan momen perayaan ulang tahun Jakarta ke-487. Sebanyak 15 pusat perbelanjaan di Jakarta menggelar pesta diskon tengah malam.  Pesta diskon tengah malam dibuka pada pukul 20.00 hingga 01.00. Adapun besar diskon yang ditawarkan yakni 20 persen hingga 70 persen.

Boni, salah satu penjaga gerai, menuturkan umumnya pengunjung sudah berada di lokasi belanja sejak pukul 19.00. Mereka rata-rata sudah mengambil beberapa lembar pakaian. "Nah, pas diskon jam 20.00 dibuka, mereka berebut antre ke kasir," katanya. Sebelumnya, Sekretaris Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia Darwin A. Roni menargetkan pendapatan dari acara ini sebesar Rp 2,36 triliun atau 20 persen dari target pendapatan Festival Jakarta Great Sale yang sebesar Rp 11,8 triliun.

Ia mengatakan acara ini juga digelar guna menarik wisatawan asing dan lokal untuk berbelanja. "Jadi tidak perlu jauh-jauh belanja di Singapura atau Malaysia."

No comments:

Post a Comment