Wednesday, June 25, 2014

Kopi Luwak Indonesia Tidak Bisa Di Jadikan World Heritage

Salah satu produk kopi andalan Indonesia adalah kopi luwak. Tak heran jika kemudian ada desakan agar kopi luwak dijadikan sebagai salah satu warisan asli Indonesia.

Namun usaha untuk menjadikan kopi luwak sebagai warisan Indonesia dinilai sulit terwujud. Pasalnya, selama ini warisan Indonesia yang diakui dunia selalu berupa situs.

"Saya belum menemukan jika heritage (warisan) itu bisa sebuah produk. Selama ini yang bisa diakui sebagai heritagemasih berupa situs peninggalan sejarah," kata Direktur Minuman dan Tembakau Kementerian Perindustrian Faiz Achmad, Selasa, 24 Juni 2014.

Tak hanya punya kopi luwak, Indonesia juga memiliki berbagai jenis kopi khas seperti kopi Gayo, kopi Mandailing, kopi Lampung, kopi Jawa, kopi Kintamani, kopi Toraja, kopi Bajawa, dan kopi Wamena.

Saat ini Indonesia meduduki peringkat ketiga sebagai negara penghasil kopi terbesar di dunia. Penghasil kopi terbesar pertama adalah Brasil. Vietnam menduduki posisi kedua. Produksi kopi Indonesia pada 2013 mencapai 692 ribu ton atau sekitar 8 persen dari produksi kopi dunia.

No comments:

Post a Comment