Monday, June 16, 2014

Kinerja PT Multistrada Arah Sarana Tbk Terdongkrak Akibat Mobil Murah

Emiten ban, PT Multistrada Arah Sarana Tbk (MASA) menggenjot produksinya karena permintaan terhadap low cost green car (LCGC) meningkat. Menurut Direktur Multistrada, Uthan Sadikin, beberapa produsen mobil sudah bekerja sama dengan Multistrada untuk memasok ban mobil murah.

"Kami sudah dapat Daihatsu, Nissan dan Suzuki," kata Uthan di Jakarta, Senin 16 Juni 2014. Dia menambahkan permintaan LCGC di Timur tengah dan India yang menggenjot produksi Multistrada.

Menurut Uthan pada tahun ini Multistrada bisa memproduksi sampai angka 8 juta ban mobil. "Malaysia juga permintaannya meningkat, setiap bulan kita bisa memasok sebesar 50 ribu ban per bulan di 2014," ucap dia.

Meskipun produksi ban diperkirakan meningkat, Uthan mengatakan bahwa harga ban cenderung akan turun karena turunnya harga karet dunia. "Penurunan dari harga bahan baku membuat harga ban kita cenderung turun," tambah dia. Dia juga mengatakan bila Multistrada tidak termasuk dalam asosiasi ban yang terkait isu pengaturan harga ban sehingga harga yang ditawarkan di pasar tidak tinggi

Produsen ban, PT Multistrada Arah Sarana Tbk mengalami peningkatan volume produksi ban untuk passenger car radial (PCR) sebesar 5 persen atau sebesar 0,3 juta dari 6,9 juta ban pada 2012 menjadi 7,2 juta ban pada 2013. Sedangkan untuk produksi volume ban sepeda motor (MC) juga terjadi peningkatan sebesar 33 persen atau meningkat sebesar satu juta dari volume produksi 3,3 juta pada 2012 menjadi 4,3 juta pada 2013.

Presiden Direktur Multistrada, Pieter Tanuri, mengatakan target produksi pada tahun ini akan lebih besar dibandingkan tahun lalu. "pada tahun ini untuk ban mobil target kami adalah 8 Juta ban, sedangkan ban motor sekitar 5 juta," kata Pieter kepada wartawan pada acara paparan publi di Jakarta, Senin, 16 Juni 2014.

Dia mengatakan peningkatan produksi tersebut karena permintaan mobil low cost green car dan permintaan motor meningkat. Meskipun begitu, menurut Pieter pihak Multistrada akan melihat terlebih dahulu apakah ada peluang perpindahan konsumen motor ke mobil low cost green car. "Maka dari itu kita akan lihat terlebih dahulu apakah ada potensi itu," ucap dia.

Kapasitas produksi dari Multistrada untuk produksi PCR adalah sebesar 10 juta ban dan MC adalah 6 juta ban. Sedangkan tingkat utilisasi kapasitas produksi Multistrada meningkat pada tahun 2013 hingga mencapai 73 persen untuk ban PCR dan 78 persen untuk ban MC. Adapun pada kuartal satu tahun ini produksi PCR sudah mencapai 1,9 juta ban dan MC adalah sebesar 900 ribu ban.

No comments:

Post a Comment