Thursday, October 9, 2014

4.288 Karyawan Gudang Garam Ajukan Pensiun Dini

Jumlah karyawan PT Gudang Garam Tbk yang mendaftarkan diri untuk pensiun dini terus meningkat. Hingga sore ini jumlah karyawan yang mengajukan pensiun dini mencapai 4.288. Jumlah ini akan terus meningkat sejak dibuka pendaftaran pada Senin (6/10) lalu. Namun hanya pekerja yang bekerja di atas 20 tahun yang bisa mendaftarkan diri.

Beberapa pertimbangan mengikuti program ini karena melihat penawaran yang dijanjikan kepada karyawan memang menggiurkan. Bagi mereka yang mengajukan pensiun dini, selain mendapatkan pensiun juga ada tambahan uang pensiun yang nilainya 10 kali gaji. Kedua, karyawan dan keluarganya diberikan pelayanan kesehatan BPJS hingga usia 55 tahun terhitung semenjak mereka pensiun.

Mempunyai pendapatan yang pasti tanpa harus bekerja dan yang terakhir mendapatkan pelatihan kewirausahaan bagi yang berminat.

Menurut Wakabid Humas PT GG Tbk, Iwhan Trichahyono pada merdeka.com, Kamis sore (9/10) penyebab ditawarkannya pensiun dini bagi karyawan ini karena industri rokok dipaksa oleh keadaan, regulasi rokok tidak bersahabat lagi.

"Ini tidak saja dialami oleh PT GG Tbk tapi juga perusahaan rokok yang lainnya. Kami bertahan lebih lama dibanding perusahaan lainnya. Dan dengan terpaksa kami memberikan program yang menarik ini kepada karyawan," kata Iwhan.

Masih menurut Iwhan, ditawarkannya program pensiun dini ini juga untuk menghindari terjadinya kemungkinan yang lebih buruk terhadap karyawan.

Seperti diketahui PT Gudang Garam Tbk adalah sebuah perusahaan produsen rokok popular asal Kediri-Jawa Timur. Perusahaan ini didirikan pada 26 Juni 1958 oleh Surya Wonowidjojo (Ing Hwie). Jumlah karyawan PT Gudang Garam Tbk, pada rilis RUPS 2014 sebanyak 37 ribu karyawan.

No comments:

Post a Comment