Monday, October 13, 2014

Ekonom Perancis Menangkan Nobel Ekonomi Ungkapkan Cara Mengatur Konglomerat dan Pemodal Besar

Ekonom Perancis, Jean Tirole berhasil memenangkan hadiah Nobel Ekonomi. Dia berhasil menyabet penghargaan bergengsi itu setelah melakukan riset mengenai kekuatan pasar dan regulasi. Hasil riset itu dinilai bisa membantu pengambil kebijakan untuk melakukan kesepakatan dengan kekuatan modal, yang saat ini didominasi oleh beberapa gelintir perusahaan.

"Tirole adalah salah satu ekonom paling berpengaruh saat ini," demikian pernyataan the Royal Swedish Academy of Sciences selaku penyelenggara penganugerahan Nobel. Tirole, 61, bekerja pada Toulouse School of Economics Perancis. DIa sebelumnya telah mendapatkan gelar Ph.D. dari Massachusetts Institute of Technology.

Dalam risetnya, Tirole menyebutkan bahwa sektor industri yang dikuasai oleh sedikit korporasi bisa memunculkan hal-hal yang tak diharapkan regulator, seperti harga barang yang terlampau tinggi serta terhalangnya perusahaan lain yang ingin masuk ke pasar. Sehingga, iklim kompetisi tidak bisa diterapkan.

Dari pertengahan era '80an, Tirole tertarik untuk melakukan riset di bidang ekonomi, seperti kegagalan pasar. Akademisi ini juga memberikan penjelasan mengenai bagaimana pemerintah di berbagai negara melakukan deal terkait dengan kegiatan merger perusahaan dan kelompok kartel, serta bagaimana pemerintah seharusnya melakukan regulasi.

"Dalam rangkaian artikel dan buku yang ditulisnya, Jean Tirole telah menghadirkan kerangka kerja dalam mendesain kebijakan dan mengaplikasikan itu ke dalam sejumlah sektor industri, mulai dari telekomunikas hingga perbankan," lanjut Royal Swedish Academy of Sciences.

Menanggapi kemenangan Tirole, ekonom dari Harvard University Philippe Aghion menilai hasil kerja yang dilakukan pemenang Nobel EKonomi itu sangat bermanfaat bagi pemerintah berbagai negara dalam melakukan regulasi kepada industri, utamanya dalam meregulasi perbankan pasca-krisis finansial global 2008. "Tirole merupakan orang terdepan dalam domain ini," kata Aghion.

Pada sebuah wawancara tahun 2012, Tirole menyebutkan bahwa krisis finansial 2008 lebih banyak disebabkan oleh kegagalan pemerintah meregulasi industri.

Seiring dengan pengumuman pemenang Nobel Ekonomi, lengkap sudah pengumuman para pemenang Nobel tahun 2014.

No comments:

Post a Comment