Wednesday, October 29, 2014

Starbuck Indonesia Akhirnya Memperoleh Sertifikasi Halal Dari MUI

Sebagai gerai kopi berjaringan global Starbucks Indoensia memiliki banyak outlet dan penggemar, termasuk dari kalangan muslim. Setelah 12 tahun ada di Indonesia akhirnya Starbucks resmi bersertifikat halal. 



Yuti Resani selakuMarketing Communication & CSR Manager Starbucks Indonesiamenjelaskan bahwa sejak awal berdiri perusahaannya sudah menggunakan bahan-bahan halal. Masyarakat pun sudah menaruh kepercayaan kepada merek ini.



"Namun kami melihat konsumen semakin kritis mempertanyakan kehalalan produk yang mereka konsumsi. Oleh sebab itu, sebagai tanda legalitas dan formalitas demi kenyamanan konsumen, kami mengajukan sertifikasi halal ke Majelis Ulama Indonesia (MUI)," ujar Yuti.



Menurut Yuti, pihaknya sudah mengajukan sertifikasi halal sejak awal tahun ini. Proses sertifikasinya berlangsung sekitar lima bulan sejak April. Starbucksresmi dinyatakan halal pada 17 September, namun penyerahan sertifikat halal secara simbolik baru dilaksanakan kemarin (29/10/2014.



Pemasangan logo halal MUI di 176 gerai Starbucks di seluruh Indonesia sudah dilakukan secara bertahap dan ditargetkan selesai bulan depan. Dengan ini,Starbucks resmi menjadi kedai kopi kelas premium pertama yang bersertifikat halal di Indonesia.



Yuti menilai Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetik (LPPOM) MUI bekerja secara profesional dan cepat. "Proses sertifikasi halal ternyata tidak ribet. Teknologinya juga sudah sangat modern. Kehalalan produk kini sudah bisa dicek lewat aplikasi mobile dan SMS," kata Yuti.



Untuk promo musiman yang digelar 2-3 bulan sekali, Starbucks akan mengirimkan dokumen kehalalan bahannya ke MUI sejak jauh-jauh hari.

"Kami memahami pentingnya memastikan kebutuhan pelanggan kami di Indonesia terpenuhi. Karena itu, halal akan selalu menjadi prioritas kami," kata Direktur Starbucks Indonesia Anthony Cottan lewat press release.



Yuti berharap, dengan pemberian sertifikat halal ini, masyarakat Indonesia bisa lebih nyaman menikmati kopi dan sajian Starbucks lainnya.


No comments:

Post a Comment