Friday, October 3, 2014

Daftar Perusahaan Yang Kebagian Proyek Giant Sea Wall Senilai 500 Triliun Rupiah

Proyek “Giant Sea Wall” yang akan dimulai pembangunannya pada Kamis (9/10/2014) tidak hanya bendungan, namun ada juga proyek pelabuhan, bandara, dan permukiman.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung menuturkan, diperkirakan proyek ini secara keseluruhan menelan anggaran sebesar Rp 400 triliun– Rp 500 triliun. Chairul mengatakan, pada tahap pertama akan dibangun bendungan sepanjang 8 kilometer dengan perkiraan anggaran mencapai Rp 3,2 triliun.

Pembiayaan akan diperoleh dari pemerintah pusat pos Kementerian Pekerjaan Umum (PU) dan APBD Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, masing-masing 50 persen. “Sisa proyek itu nanti yang membangun adalah investor,” kata Chairul di Jakarta, Jumat (3/10/2014).

Chairul mengatakan, investor developer diberi kesempatan melakukan raklamasi tanah-tanah yang berjarak 300 meter dari bendungan tersebut. Dalam rapat disepakati pula, developer harus membangun bendungan terlebih dahulu sebelum mendapat hak untuk melakukan pengerukan.

Beberapa developer disebut-sebut akan membangun bendungan sepanjang 25 kilometer. Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup Sarwo Handayani, menyebutkan tiga nama diantaranya adalah PT Jakarta Propertindo, PT Pembangunan Jaya Ancol, serta PT Agung Sedayu Group.

No comments:

Post a Comment