Wednesday, February 18, 2015

Indonesia Buka Toko Untuk Industri Kecil Di Ezdan Mall Doha Qatar

Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian, Euis Saedah, menyatakan Indonesia akan mempunyai toko IKM pertama di luar negeri. Toko itu akan menjual produk dalam negeri, terutama furniture atau mebel.

Menurut Euis, toko itu terletak di Ezdan Mall, Doha, Qatar. "Desember 2014 akan diluncurkan," kata dia, di Hotel Grand Candi, Semarang, Jawa Tengah, Selasa, 18 November 2014.

Toko yang akan bernama Archi ini menggunakan konsep Indonesia Style Shop yang berukuran luas 100 meter. Letaknya pun strategis karena berada di depan Landmark Mall Doha.

Alasan Indonesia menyewa tempat itu, kata Euis, agar terjadi penghematan. "Kita sering pameran, hanya lima hari dan beberapa kali dalam setahun. Lebih baik sewa selama satu tahun, uang yang dikeluarkan hampir sama," ujar dia.

Selain itu, Archi Indonesia Style Shop ini diyakini bisa seperti IKEA dari Swedia. Karena, produk IKM Indonesia mempunyai kualitas yang bagus dan sudah banyak yang diterima oleh negara lain.

Toko Archi itu akan diisi oleh IKM yang mengajukan barang hasil produksinya ke kurator yang ditunjuk oleh Kemenperin. "Pengawasan dan pemilihan tetap ada di Kemenperin. Silakan bagi IKM yang ingin menjual barangnya di Doha untuk mendaftar," kata Euis.

No comments:

Post a Comment