Sunday, February 15, 2015

Pemilik Nutella Meninggal Dunia Tinggalkan Harta 280 Triliun Rupiah

Michele Ferrero, penemu Nutella sekaligus pendiri kerajaan bisnis Ferrero Rocher meninggal dunia pekan lalu, pada 14 Februari 2015 bertepatan dengan Hari Valentine. Konglomerat asal Italia itu meninggal di usia 89 tahun setelah beberapa bulan terakhir merjuang melawan sakit.

"Kami semua bangga kepadamu. Terima kasih Michele," tulis perusahaan Ferrero dalam situs resminya seperti dikutip CNN, Senin (16/2/2015). Tukang permen paling kaya di dunia, julukan Michele kata Majalah Forbes, punya harta sebanyak US$ 23,4 miliar (Rp 280,8 triliun).

Berbagai ucapan bela sungkawa pun berdatangan dari berbagai penjuru daerah, juga dari berbagai kalangan. Bahkan Presiden Italia Sergio Mattarella juga ikut menyatakan duka cita. "Ia adalah pengusaha sejati. Saya memuji inovasi produk dan kerja kerasnya," kata Mattarella yang dikutip oleh berbagai media di Eropa.

Ayah Michele, Pietro, mengubah toko roti keluarganya menjadi pabrik coklat pada tahun 1940-an. Pada masa Perang Dunia II, peredaran coklat jadi terbatas.Michele pun akhirnya mencampur coklat yang jumlahnya sedikit itu dengan hazelnut supaya bisa menghasilkan produk dalma jumlah banyak. Dari situ lahirlah Nutella yang dulu harganya jauh lebih murah dari coklat biasa. Nutella bukan satu-satunya produk andalan perusahaan Michele, ada juga coklat bulat berisi kacang dan wafer yang dibungkus kemasan berwarna emas.

Perusahaan ini juga yang memproduksi Coklat Kinder. Kinder adalah coklat yang di dalamnya berisi aneka mainan yang dirahasiakan bentuk serta jenisnya. Produk-produk Ferrero pertama kali merambah pasar Amerika Serikat (AS) pada 1969. Produk pertama yang dijual adalah Tic Tac mint. Perusahaan ini dimiliki secara penuh oleh keluarga Ferrero, dan dijalankan oleh anaknya Michele, Giovanni.

No comments:

Post a Comment