Wednesday, February 18, 2015

Promo Tiket Kereta Api Bulan April Sudah Bisa Dipesan

Pada perayaan Imlek tahun ini, PT Kereta Api Indonesia (KAI) memberi tarif promo untuk perjalanan kereta di daerah Sumatera. "Untuk sahabat KAI di area Sumatera, nikmati spesial promo Gong Xi Fat Chai," kata Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Agus Komarudin saat dihubungi, Kamis 19 Februari 2015.

Menurut Agus, tarif promo berlaku untuk pemesanan dan keberangkatan 19-28 Februari 2015 untuk kereta komersial tertentu, yakni kereta Sriwijaya, Sindang Marga, dan Sribilah. "Jumlah terbatas," katanya.

Di antara tarif promo yang dijanjikan adalah untuk perjalanan Kertapati-Lubuk Linggau dengan harga tiket mulai Rp 58 ribu, Kertapati-Tanjungkarang mulai Rp 78 ribu dan Rantauprapat-Medan mulai Rp 68 ribu. "Ini berlaku untuk perjalanan pulang-pergi," kata Agus.

Mulai April 2015 mendatang, PT KAI akan menambah 50 jadwal perjalanan KA baru untuk angkutan penumpang dan 24 jadwal perjalanan KA baru untuk angkutan barang di Jawa. Sementara untuk KRL Jabodetabek. PT KAI menambah 7 loop perjalanan KRL dan menambah 2 jadwal perjalanan KA Bandara Kualanamu.

Tiket kereta api untuk perjalanan Bulan April 2015 sudah dapat dipesan. "Pemesanan dapat dilakukan melalui channel-channel yang biasa; website, telepon, atau gerai-gerai mitra kami lainnya," kata Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Agus Komarudin saat dihubungi, Kamis 19 Februari 2015.

Sebelumnya, pemesanan tiket kereta untuk perjalanan April 2015 sempat dihentikan karena ada perubahan jadwal. Tahun ini, PT KAI selaku operator kereta api melakukan beberapa perubahan perjalanan kereta api yang tertuang dalam Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2015. "Ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan perkembangan yang terjadi dan meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa," ujarnya.

Secara garis besar, pada Gapeka 2015 ini terjadi penambahan waktu perjalanan baik untuk KA penumpang maupun barang. Untuk 44 KA penumpang kelas Argo misalnya, ada penambahan waktu perjalanan rata-rata berkisar 10 menit. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya: perubahan jumlah perjalanan KA, penyesuaian jadwal perjalanan KA jarak jauh dari dan ke Jakarta dengan jadwal operasional KRL dan KA lokal, perubahan waktu berhenti di beberapa stasiun tertentu untuk kepentingan operasional, pengisian air di stasiun tertentu, dan penambahan waktu tempuh untuk lebih menjamin ketepatan waktu.

Pada Gapeka 2015, PT KAI akan menambah 50 jadwal perjalanan KA baru untuk angkutan penumpang dan 24 jadwal perjalanan KA baru untuk angkutan barang di Jawa. Sementara untuk KRL Jabodetabek. PT KAI menambah 7 loop perjalanan KRL dan menambah 2 jadwal perjalanan KA Bandara Kualanamu.

Selain itu juga, dengan diberlakukannya GAPEKA 2015 ini, PT KAI akan menambah kapasitas angkutan penumpang dan barang dari tahun sebelumnya. Tahun 2014 lalu, volume angkutan penumpang mencapai sekitar 280 juta penumpang dan volume angkutan barang sekitar 32 juta ton. "Pertumbuhan angkutan barang tahun 2015 ditargetkan sebesar 35 persen sementara untuk angkutan penumpang dapat tumbuh sebesar 10 persen dari tahun 2014.

No comments:

Post a Comment