Friday, February 27, 2015

Masa Depan Bisnis Tak Menentu ... Kaskus Ganti Logo

Komunitas online pertama di Indonesia, Kaskus, meluncurkan logo dan fitur baru sebagai bentuk inovasi teknologi terkini dalam websitenya. Apakah ini untuk mengantisipasi ketatnya persaingan di bisnis dotcom? Apakah karena bisnis perusahaan yang dibeli Djarum pada 2011 ini kurang moncer?

Founder dan Chief Community Officer Kaskus, Andrew Darwis, tak menjawab soal itu. Dia mengatakan perubahan itu karena dirinya melihat perkembangan baik Kaskusers maupun dunia online. Kaskus, menurutnya, harus melakukan inovasi dalam memenuhi kebutuhan Kaskusers. Untuk itu pihaknya meluncurkan logo dan fitur baru pada FJB atau Forum Jual Beli.

"Perubahan logo dan penambahan fitur baru ini diharapkan dapat memberikan pengalaman baru dan dapat memenuhi kebutuhan para Kaskuser," tuturnya Kamis (26/2/2015). Kaskus dibeli Djarum dari Andrew Darwis dan kawan-kawan pada 2011. Saat itu dikabarkan harga "pembelian" situs komunitas terbesar di Indonesia itu memecahkan rekor pembelian dotcom. Namun Ken Dean Lawadinata, CEO Kaskus saat itu, menolak disebut pembelian tapi hanya kemitraan. Sejumlah sumber yang dekat Kaskus mengatakan pembelian itu mencapai Rp 600 miliar. Namun beberapa tahun berselang setelah bergabung dengan Djarum, bisnis iklan di situs ini tak kelihatan gemerlap.

Logo dan terutama fitur baru tersebut dihadirkan untuk memudahkan dan memberikan kenyamanan bagi para Kaskuser dalam mencari konten menarik maupun produk yang dibutuhkan. Adapun fitur baru dalam FJB (Forum Jual Beli) ini diharapkan dapat memberikan informasi produk secara detail dan visualisasi yang menarik serta terstruktur. Fitur tersebut berupa quick review, more from sellers, sold out, dan got it stamp yang akan mempermudah transaksi jual beli Kaskuser.

Fitur lainnya seperti archive dalam konten Hot Tread, link rekomendasi bagi para Kaskuser, dan penyempurnaan fitur pencarian guna memudahkan mencari konten yang menarik.

Chief Marketing Officer Kaskus Ronni Sugiadha mengatakan penambahan fitur baru ini diharapkan dapat memberikan banyak informasi kepada Kaskuser, dan diharapkan menjadi platform bagi mereka yang ingin mulai menjadi enterpreneur melalui forum jual beli online.

"Saat ini Kaskus memiliki lebih dari 8 juta member yang terdaftar dan kurang lebih dari 30.000 kumunitas didalamnya aktif dalam FJB," tuturnya. Berdasarkan ranking Alexa, situs Kaskus menempati urutan ke-8, masih kalah dengan portal milik Trans Media yang ada di peringkat ke-7.

No comments:

Post a Comment