Thursday, February 12, 2015

PLN Diminta Bangun Gardu Khusus Agar Warga Pluit Tidak Lagi Kebanjiran

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral meminta PT PLN (Persero) memperbaiki sistem transmisi yang ada di gardu PLN wilayah Jakarta Utara. Akibat gangguan di Gardu ini, pompa penyedot air di sekitar Waduk Pluit mati sehingga airnya meluap.

"Perbaikan sistem transmisi lebih cepat dilakukan," kata Direktur Jenderal Ketenagalistrikan, Jarman, Kamis, 12 Februari 2014. Perbaikan sistem transmisi itu untuk mengantisipasi efek dari gangguan. Nantinya, jika satu gardu mati, listrik bisa dialirkan dari gardu tambahan yang biasanya terletak tidak jauh dari gardu wilayah.

Menurut Jarman, ini lebih menghemat biaya ketimbang membangun gardu khusus untuk pompa waduk pluit. Wacana gardu khusus digelontorkan PLN sebagai respon dari permintaan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama yang meminta agar listrik pompa selalu hidup.

Jika PLN menjamin adanya aliran listrik untuk pompa air, maka dana untuk bahan bakar pompa bisa dialihkan untuk penanganan banjir yang lain, misalnya pembuatan bendungan dan menambah jumlah pompa. "Lebih baik duitnya bikin pompa yang baru daripada habis untuk solar," ujar Basuki, yang akrab disapa Ahok.

No comments:

Post a Comment