Wednesday, July 1, 2015

Kebangkrutan Yunani dan Jatuhnya Pasar Saham Serta Rupiah

Meski bukan mitra dagang utama Indonesia, Kepala Ekonom Standard Chartered Bank Eric Sugandi memperkirakan krisis utang Yunani secara tidak langsung akan turut menekan bursa saham dan nilai tukar mata uang Indonesia.  "Dampaknya ke kita itu indirect, secara psikologis berpengaruh terhadap financial," tuturnya.  Menurutnya, kejatuhan ekonomi Yunani akan mengganggu psikologis investor terhadap euro. Hal ini akan membuat dolar Amerika Serikat semakin menguat terhadap seluruh mata uang di dunia, tak terkecuali rupiah.

"Kalau rupiah melemah, maka investor akan mengalami potential loss. Tapi ini hanya bersifat jangka pendek," tuturnya. Eric mengatakan krisis yang terjadi di Yunani sebenarnya sudah berlangsung lama. Menurutnya, negara tersebut sejak awal belum siap untuk bergabung dengan komunitas ekonomi Eropa. "Jadi meskipun default, Yunani tidak serta merta terdepak dari Uni Eropa," tuturnya.

Sebagai informasi, ketika Yunani bergabung dengan Uni Eropa dan mengganti mata uangnya dengan euro tahun 2001, keadaan ekonomi negara ini diprediksi akan terus tumbuh dan diikuti oleh ledakan ekonomi. Namun prediksi ini seketika berubah ketika krisis keuangan menerpa tahun 2008.

Kala itu, semua negara di Eropa mengalami resesi, namun karena Yunani merupakan salah satu negara yang paling miskin dengan hutang bertumpuk, negara itu yang paling menderita dan merasakan dampaknya. Yunani memiliki beban utang yang sangat besar, mencapai 177 persen dari produk domestik bruto, atau PDB, membuat negara ini sulit mengumpulkan uang yang dibutuhkan untuk melakukan pembayaran utang.

Selama lima tahun terakhir, Yunani melakukan negosiasi dengan Komisi Eropa, Bank Sentral Eropa, dan Dana Moneter Internasional terkait bantuan keuangan untuk mengatasi beban utang mereka. Ketiga lembaga ini dikenal dengan sebutan "troika". Sejak 2010, Troika memberikan pinjaman kepada Yunani dengan syarat penaikan pajak dan pemotongan belanja.

Namun, Yunani tak juga mampu menyelamatkan kondisi finansialnya. Keadaan ini berujung pada kegagalan Yunani untuk membayar utang sebesar US$1,7 juta kepada Dana Moneter Internasional, atau IMF, dengan tenggat waktu yang ditentukan, yaitu Selasa (30/6), menjadikan Yunani sebagai negara maju pertama yang gagal membayar utang dan hanya hidup dari uang pinjaman untuk sementara waktu.

Dilaporkan, sesaat sebelum dinyatakan default, atau gagal bayar utang, Yunani kembali meminta dana talangan dari Eropa. Ini merupakan upaya di ujung keputusasaan, para pemimpin keuangan Eropa berjanji akan mengadakan pertemuan untuk mempertimbangkannya.

No comments:

Post a Comment