Sunday, July 12, 2015

Subang Kehabisan Lahan Industri Sejak Pembangunan Tol Cipali

Beroperasinya tol Cikopo-Palimanan (Cipali) sejak awal Ramadan 2015 tidak hanya mempersingkat jalur mudik pantai utara sekitar 40 menit, namun juga bisa menggerakkan kegiatan ekonomi daerah sekitar jalan tol tersebut. Sekretaris Daerah Kabupaten Subang Abdurakhman mengatakan sejak tol Cipali dibangun beberapa tahun lalu, Pemerintah Kabupaten Subang juga telah menyediakan 10 ribu hektare lahan untuk kawasan industri.

“Saat ini lahan tersebut sudah mau habis akibat terus naiknya permintaan,” kata Abdurakhman dikutip dari laman Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Senin (13/7) Menurutnya, akses jalan tol menjadi pertimbangan utama para investor dalam mengincar lahan industri di Subang. Kehadiran tol Cipali dinilai mampu mempercepat proses distribusi barang dari dan menuju pabrik di Subang.

Selain industri, Abdurakhman mengungkapkan dampak positif juga dirasakan industri pariwisata melalui wisata alam Sari Ater, yang menurutnya mengalami kunjungan wisatawan yang meningkat tajam. Sementara Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hermanto Dardak mengatakan saat ini badan yang dipimpinnya tengah mengembangkan 35 Wilayah Pengembangan Strategis (WPS) di Indonesia.

Salah satunya adalah WPS Jakarta Cirebon yang termasuk di dalamnya adalah Kabupaten Subang sebagai salah satu pusat pengembangan WPS tersebut. “Subang sebagai salah satu pusat pelayanan jasa, yang didalamnya terdapat Kecamatan Kalijati yang memiliki kawasan industri yang meningkat pesat diharapkan akan semakin efektif melalui penyediaan infrastruktur yang ke depannya bisa kita desain dan rancang untuk betul-betul berkembang sesuai dengan peluang yang ada disitu,” tutur Hermanto.

Oleh karena itu, Hermanto berharap pemerintah daerah bisa berkomitmen memudahkan kerjasama dengan pihak swasta dan pemerintah pusat dalam mengembangkan suatu kawasan industri. Hermanto mencontohkan, apa yang telah dilaksanakan di Kabupaten Bekasi, yang sebelumnya terdapat kesepakatan mengenai apa yang harus dilakukan pemerintah bekasi dan dukungan pemerintah pusat dan juga kewajiban pihak swasta. Sehingga mengantarkan Cikarang yang berada di Kabupaten Bekasi menjadi kawasan industri terbesar di Indonesia.

“Kalau model-model seperti itu bisa kita bina untuk Kabupaten Subang, mungkin bisa terarah bagaimana Subang membangun ke depan melalui sinergi,” tambah Hermanto. Seperti diketahui di daerah sepanjang tol Cipali saat ini berkembang kawasan-kawasan industri. Selain Subang, munculnya kawasan industri baru juga terjadi di Majalengka dan juga rencana kota baru Aero City yang berada di kawasan pembangunan bandara Kertajati.

No comments:

Post a Comment