Wednesday, April 8, 2015

Tiga Negara yang Memiliki Manajer Perempuan Terbanyak

Isu kesetaraan jenis kelamin sudah sejak lama menjadi permasalahan yang selalu diperbincangkan dalam dunia kerja. Berdasarkan data statistik terbaru yang menunjukkan perbandingan jumlah posisi manajerial untuk jenis kelamin perempuan dan laki-laki, nyatanya tak banyak perubahan dalam hal itu.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh firma peneliti Amerika Serikat, Expert Market, data menunjukkan bahwa hanya ada tiga negara di dunia yang memiliki manajer perempuan lebih banyak daripada manajer laki-laki.

Data yang diambil dari International Labour Organisation (ILO) menunjukkan bahwa Jamaika adalah negara dengan manajer perempuan terbanyak di dunia. Jumlah bagian untuk manajer perempuan di negara asal Bob Marley ini sebesar 59,3 persen. Selanjutnya, peringkat kedua dan ketiga masing-masing ditempati Kolombia dan Saint Lucia, dengan 53,1 persen dan 52,3 persen.

Uniknya, dari total 108 negara di dunia, jumlah manajer perempuan terbanyak berada di negara-negara Kepulauan Karibia, yang berada di kawasan Amerika Selatan.

Negara-negara maju di Benua Eropa, seperti Inggris, Jerman, Perancis, dan Spanyol, justru berada di urutan ke-40 ke bawah. Sementara itu, negara dengan ranking terendah atau sangat sedikit memiliki manajer perempuan rata-rata berada di Timur Tengah, seperti Pakistan dan Jordania, yang sebagaimana kita ketahui, peran perempuan sangat terbatas di negara-negara tersebut.

No comments:

Post a Comment