Friday, July 10, 2015

Pemerintah China Guyur Rp. 234 Triliun Ke Pasar Modal Untuk Bangkitkan Perekonomian

Pasar saham China bergerak positif sejak kemarin hingga hari ini ini. Ternyata ada dana segar 112,3 miliar yuan (Rp 234 triliun) digelontorkan ke pasar saham.

Dana ini digelontorkan oleh beberapa perusahaan asuransi China, menurut otoritas asuransi setempat. Sebagian dari dana tersebut, setara 57,4 miliar yuan langsung dipakai untuk beli saham, sedangkan 54,8 miliar disuntikkan ke perusahaan investasi.

Injeksi modal ini merupakan upaya pemerintah China meredam gejolak pasar modalnya. Selain ini, pemerintah juga masih punya 'jurus-jurus' lain yang belum digunakan. Dana sebanyak ini mengucur ke pasar saham China sejak perdagangan dua hari lalu.

"Kemarin, 6 pemain besar asuransi memborong saham dan menempatkan dana di perusahaan asuransi dengan total 15,1 miliar yuan. Nanti angka pastinya akan lebih besar lagi," kata salah satu pejabat Komisi Regulator Asuransi China (CIRC) di media lokal seperti dikutip Reuters, Jumat (10/7/2015).

Otoritas setempat juga sudah menaikkan batas pembelian saham-saham unggulan oleh perusahaan asuransi. Langkah ini diharapkan bisa mengangkat pasar saham China ke zona hijau. Pada perdagangan menjelang sore ini Indeks Komposit Shanghai melonjak 169,61 poin (4,57%) ke level 3.878,94.

No comments:

Post a Comment