Tuesday, January 20, 2015

Bank BCA Terima Sertifikasi ISO 9001:2008 Untuk Sistem Manajemen Data

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menerima sertifikasi ISO 9001:2008 mengenai Sistem Manajemen Mutu untuk Data Center Operation BCA. Sertifikasi sistem manajemen mutu ini merupakan wujud nyata komitmen BCA untuk secara berkesinambungan terus meningkatkan kualitas layanan kepada nasabahnya, termasuk melalui peningkatan kualitas teknologi informasi. 

Sertifikasi ISO 9001:2008 ini diberikan oleh Lembaga Sertifikasi SAI Global yang telah diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) dan Joint Accreditation System of Australia and New Zealand (JAS-ANZ) pada tanggal 25 November 2014. Sertifikat ISO ini diserahkan secara langsung oleh National Operations Manager SAI Global, Fadjar Deniswara kepada Direktur BCA Armand Wahyudi Hartono dan EVP IT BCA Hermawan Thendean di Menara BCA, Rabu (17/12).

Direktur BCA Armand Wahyudi Hartono menyampaikan, ”Kami secara berkesinambungan melakukan berbagai langkah dan upaya meningkatkan kapasitas maupun kemampuan sistem teknologi informasi bagi pengembangan jaringan distribusi yang lebih canggih serta melayani transaksi yang terus meningkat dan kebutuhan usaha yang terus berkembang dan semakin kompleks. Salah satu upaya yang kami lakukan adalah sertifikasi terhadap standard operasi yang telah diterapkan untuk dapat diakui secara internasional yang telah mendapat pengakuan dari Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 untuk pengelolaan penyediaan layanan IT”.

Lebih lanjut Armand menjelaskan, ”Tugas dan tanggung jawab pengelolaan penyediaan layanan IT selama ini dilakukan oleh staf IT Data Center Operation BCA. Tugas dan tanggung jawabnya cukup vital, meliputi first line trouble shooter bagi permasalahan TI di kantor cabang dan unit kerja lainnya, pengelolaan operasional tiga data center BCA dan pengelolaan IT Library yang merupakan tempat penyimpanan data-data komputer BCA. Mengingat fungsinya yang sangat vital, kami meminta sertifikasi dari lembaga sertifikasi ISO SAI Global untuk menilai penerapan sistem manajemen mutu yang selama ini kami terapkan. Sejak 25 November lalu kami telah menerima sertifikasi bahwa sistem operasi pengelolaan penyediaan layanan TI BCA telah sesuai dengan standard internasional atau ISO 9001:2008 ”.

ISO 9001:2008 merupakan standard internasional untuk sistem manajemen mutu dan bukan standard produk semata. ISO 9001:2008 menetapkan persyaratan-persyaratan dan rekomendasi untuk desain dan penilaian dari suatu sistem manajemen mutu. ISO 9001:2008 merupakan prosedur terdokumentasi dan praktek - praktek standard untuk manajemen sistem, yang bertujuan menjamin kesesuaian dari suatu proses dan produk (barang atau jasa) terhadap kebutuhan atau persyaratan tertentu, dimana kebutuhan atau persyaratan tertentu tersebut ditentukan atau dispesifikasikan oleh pelanggan dan organisasi. Melalui penerapan ISO 9001:2008 ini diharapkan produk atau layanan yang dihasilkan dari suatu sistem manajemen yang berkualitas internasional akan memiliki standard kualitas yang baik.

No comments:

Post a Comment