Thursday, April 16, 2015

Astra Graphia Tbk Bagikan Deviden Senilai Rp. 103,86 Milyar

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Astra Graphia Tbk membagikan dividen kepada para pemegang saham senilai Rp 77 per lembar saham atau senilai total Rp 103,86 miliar untuk tahun buku 2014.

Nilai tersebut lebih tinggi dari dividen tunai yang dibagikan perusahaan penyedia solusi bisnis berbasis teknologi dokumen, informasi dan komunikasi ini untuk tahun buku 2013 yang hanya sebesar Rp 62 per saham atau senilai Rp 83,6 miliar.

Besaran dividen tahun buku 2014 sama dengan 40 persen capaian laba bersih sebesar Rp 260,2 miliar atau meningkat 25 persen dari tahun sebelumnya. Laba ini termasuk hasil divestasi 51 persen saham PT AGIT Monitise Indonesia kepada Monitise Plc, UK yang dieksekusi Juni tahun lalu.

Pembagian dividen tersebut sudah termasuk dividen interim sebesar Rp 25 per saham, yang telah dibayarkan pada 28 Oktober 2014 sedangkan sisa Rp 52 per saham akan dibayarkan perseroan pada 20 Mei 2015.

Direktur Astra Graphia Wanny Wijaya menjelaskan setelah laba bersih dikurangi pembagian dividen, sebesar Rp 1,5 miliar akan dialokasikan untuk dana cadangan. "Sisanya dicatat sebagai laba ditahan perseroan untuk digunakan sebagai tambahan modal kerja dan atau investasi," ujar Wanny dalam paparan publik usai menghadiri RUPST di Jakarta, Kamis (16/4).

Presiden Direktur Astra Graphia Herrijadi Halim meyakini bahwa kinerja perusahaan akan membaik ke depan. Prediksinya, kinerja perseroan di kuartal I tahun ini akan lebih baik dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

"Kami melihat 2015 ini adalah tahun yang challenging cuma kami masih melihat opportunity untuk bisa tumbuh double growth," ujarnya dalam kesempatan yang sama.  Sebagai informasi, pendapatan bersih konsolidasi perseroan tahun lalu mencapai Rp 2,28 triliun atau hanya meningkat 1 persen dibandingkan 2013. Hal tersebut disebabkan oleh banyaknya pekerjaan dari klien yang ditunda ataupun dibatalkan karena adanya pemilihan umum

No comments:

Post a Comment