Wednesday, April 8, 2015

Bank Asing Kuasai 40 Persen Bisnis Perbankan Nasional

Direktur Utama Bank Mandiri, Budi Gunadi Sadikin mengatakan penetrasi bisnis keuangan di Indonesia masih minim. Menurut ia, ini sebenarnya bisa menjadi peluang bagi pelaku usaha di Indonesia. Menurut Budi, lebih dari 40 persen dari 120 bank yang ada di Indonesia dimiliki oleh asing. "Hanya 68 bank yang dimiliki orang Indonesia," kata Budi di Jakarta, Rabu 8 April 2015.  Selain itu, 7 ribu dari 17 ribu kantor cabang yang tersebar di seluruh Tanah Air sudah dikuasai . Bahkan, lima persen dari keseluruhan aset perbankan dimiliki asing.

Budi berharap pemerintah memberikan perhatian terhadap kerjasama bilateral untuk memudahkan bank-bank Indonesia melebarkan sayapnya di ASEAN. "Kami sudah lima tahun mengajukan izin di Malaysia dan Singapura, hingga sekarang hasilnya masih nihil."

Ekonom dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Enny Sri Hartati mengatakan, faktor yang bersifat resiprok harus ditegakkan oleh Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan. "Jangan sampai transaksi dalam MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) nanti menggunakan cabang bank mereka yang ada di Indonesia," katanya.

No comments:

Post a Comment