Thursday, April 16, 2015

Pertamina Akan Ganti Premium Dengan Pertalite Mulai Mei 2015

PT Pertamina (Persero) menyatakan bakal merilis produk bahan bakar minyak (BBM) baru bernama Pertalite. Sedianya, bensin yang diproyeksikan akan mengganti keberadaan Premium itu akan diujicoba pada semua Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang berada di jalan tol per Mei 2015.

“Setelah dua-tiga kali ketemu, Pertamina menjelaskan bahwa produk ini memiliki kandungan Ron yang lebih baik dan ramah lingkungan dibandingkan premium. Jadi nantinya akan ada variasi produk tambahan selain yang sudah sekarang,“ ujar Ketua Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas), Eri Purnomohadi di Jakarta, Kamis (16/4).

Eri mengatakan, produk Pertalite sendiri akan memiliki kadar oktan berkisar 90 hingga 91, atau berada diantara produk premium yang memiliki kadar oktan 88 dan pertamax di level 92. Dengan begitu, untuk setiap konsumen yang menggunakan produk ini pun diklaim akan menghasilkan pembakaran yang optimal pada kinerha mesin kendaraaannya.

“Cuma yang jadi soal, Pertamina dan Hiswana belum menemui kesepakatan mengenai margin (keuntungan) dari penjualan Pertalite. Kami berharap Pertamina memberikan margin mendekati Pertamax di kisaran Rp 375 per liter,” ujarnya. Sebelumnya, Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya tengah menyiapkan sejumlah uji coba Pertalite yang nantinya akan dijual di wilayah Jawa, Madura, dan Bali.

Bambang memberi bocoran, produk BBM baru ini juga akan ditambahkan beberapa bahan aditif dan pewarna hingga kualiasnya lebih baik dibandingkan premium. "Jadi tenaga kendaraan yang dihasilkan setelah pakai produk ini akan lebih enteng," ujar Bambang.

No comments:

Post a Comment