Tuesday, January 6, 2015

Ketika Inovasi dan Kreativitas Bisnis Di Halangi Oleh Peraturan

Ketika Inovasi dan Kreativitas Bisnis Di Halangi Oleh Peraturan Untuk Hindari Kompetisi Yang Sehat ....

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, mengatakan dirinya bersungguh-sungguh untuk menertibkan minimarket yang kini menjamur di ibu kota. Bahkan saat ini dia sudah mengantongi daftar minimarket bermasalah itu. "Dari total 2.000-an minimarket, ada sekitar seribu yang bermasalah," kata Djarot. Menurut Djarot, data itu dia dapat berdasakan hasil penghitungan lurah dan camat di tiap-tiap wilayah.

Djarot mencontohkan keberadaan gerai 7Eleven dan Lawson yang sebenarnya mengatongi izin restauran dan kafe, namun dalam keseharian justru menyerupai minimarket karena menjual produk secara eceran

Sejauh ini Djarot belum menentukan sanksi yang akan diberikan untuk minimarket bermasalah itu. Dia berencana terlebih dahulu berkonsultasi dengan Kementerian Perdagangan. "Karena ada dua macam pelanggaran. Apakah pelanggaran perizinan atau peruntukkan bangunan," katanya lagi.

Untuk menghindari timbulnya masalah serupa di masa mendatang, Djarot sendiri berencana melebur lokasi perizinan. Selama ini, izin minimarket diterbitkan oleh wali kota setempat. Sedangkan izin 7Eleven dan Lawson diterbitkan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. "Nanti semua perizinan mungkin dilebur ke Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau setaraf wali kota. Kami identifikasi terlebih dahulu," ujar mantan Wali Kota Blitar itu lagi.

"Yang pasti, secara lisan Pak Rachmat Gobel (Menteri Perdagangan) sudah mendukung langkah kami."

No comments:

Post a Comment