Tuesday, May 5, 2015

Rahasia Bisnis Nusantara Tropical Farm Dalam Membuat Pisang Sunpride Cantik dan Mulus

Pisang Sunpride produksi PT Nusantara Tropical Farm (NTF), anak usaha Gunung Sewu Group, diperlakukan khusus, sehingga memiliki kualitas berstandar ekspor. Pisang-pisang yang mulus dan berwarna kuning cerah tersebut diperlakukan secara istimewa mulai dari pemilihan bibit hingga proses pengemasannya.

Menurut Manajer Sumber Daya Manusia dan Kualitas Produk PT NTF Oom Aulia Amrullah, perusahaannya memerlukan waktu sedikitnya satu tahun untuk bisa memproduksi pisang yang biasa ditemukan di pasar modern tersebut.

"Kami mencoba menanam sampel buah pisang Cavendish dari berbagai varian, kemudian kami pilih yang paling baik, tahan hama, serta produktif," katanya saat melakukan kunjungan terbatas ke kawasan perkebunan PT NTF di Lampung, Rabu, 29 April 2015. Setelah dipilih, sampel terbaik tersebut akan dikembangkan menjadi bibit melalui kultur jaringan. Bibit-bibit itu kemudian ditanam di lahan perkebunan pisang yang luasnya mencapai 1.700 hektare.

Pohon pisang memerlukan waktu sekitar delapan bulan untuk berbunga. Setelah pohon mulai berbuah, tandan-tandan pisang di setiap pohon akan dilindungi dan dibungkus dengan kertas untuk melindungi buah dari serangan hama. "Pisang sengaja dibungkus supaya tidak terkena sinar matahari dan diganggu hama, jadi kulitnya akan mulus," katanya. Setelah muncul bunga, dua bulan kemudian barulah buah pisang bisa dipanen. Saat panen, pisang pun diseleksi perusahaannya dengan ketat untuk menentukan buah mana saja yang memiliki kualitas ekspor dengan grade A.

Setidaknya ada tiga kriteria yang harus dimiliki produk layak ekspor atau masuk dalam produk grade A, yakni memiliki kulit yang mulus, panjang buah sekitar 7,5 inci, dan memiliki kalibrasi pada kisaran angka 3,9-4,9. "Jika buahnya lebih kecil atau lebih besar dari standar tersebut, masuk dalam grade B, untuk dipasarkan dengan brand Sunpride," ujarnya.

Setelah itu, pisang pun siap diekspor. PT NTF menggunakan merek Sunpride untuk pasar di luar negeri, tapi juga membuka peluang bagi buyer untuk menggunakan merek sendiri. Misalnya, produk yang dikirim ke Cina menggunakan merek Victory.

No comments:

Post a Comment