Tuesday, April 26, 2016

Indonesia Jadi Negara Favorit China Untuk Ekspor

Indonesia menjadi salah satu negara tujuan ekspor terbesar China, khususnya Quanzhou. Barang-barang yang diekspor antara lain tekstil, garmen, footwear, dan building material. Selain Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Filipina juga menjadi negara tujuan ekspor terbesar China.

"Empat negara tujuan ekspor terbesar Quanzhou, China adalah Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Filipina," ujar Wang Kesi, Deputy Director of the Quanzhou Development and Reform Commission, di Quanzhou City Garden Hotel, China, Selasa (26/4/2016).

Wang mencatat, nilai ekspor-impor antara Quanzhou dengan Indonesia mencapai US$ 380 juta di tahun lalu. Sementara Quanzhou rajin mengimpor barang-barang seperti raw material dan petrochemical dari Singapura dan Filipina. China juga mengimpor produk-produk pertanian dari Vietnam, Myanmar, Kamboja, dan Thailand.

Wang menyebutkan, pihaknya ingin membuka seluas-luasnya hubungan antar negara-negara di ASEAN, baik soal perdagangan, agrikultur, kultur atau budaya, dan lainnya. Menurut Wang, Quanzhou merupakan salah satu kota di China yang memiliki potensi tinggi terkait ekonomi.

Quanzhou terkenal dengan industri teh dan inacraft. Tahun lalu saja, nilainya mencapai 10 miliar renminbi (RMB). Sementara di industri printing mencapai 30 miliar RMB. "Industri manufaktur di Quanzhou sangat terkenal. Kita punya beberapa cluster dalam industri," sebut dia.

Wang merinci, industri tekstil dan garmen Quanzhou nilainya mencapai 111 miliar RMB. "Quanzhou merupakan production house paling penting di China," katanya. Industri lain yang tak kalah penting adalah industri sepatu, nilainya mencapai 164 miliar RMB. Ada juga industri petrochemical di Quanzhou, nilainya mencapai 179 miliar RMB. Industri manufaktur tercatat sebesar 124 miliar RMB.

"Yang paling banyak itu industri sepatu dan bahan bangunan. Quanzhou juga punya transportation equipment. Kami punya manufaktur di perkapalan, dan kami juga sedang mempersiapkan untuk automobil," paparnya. Wang mengungkapkan, dengan banyaknya berbagai industri di Quanzhou, pihaknya membuka kesempatan seluas-luasnya kepada para investor untuk bisa bekerja sama di bidang yang diminati.

"Kami akan terus mempromosikan berbagai industri yang kami punya. Industri kami bukan hanya untuk pasar lokal tapi juga internasional," imbuh Wang.

No comments:

Post a Comment