Demi memenuhi kebutuhan masyarakat pada perayaan Natal dan tahun baru 2016, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyiapkan dana sebesar Rp17,5 triliun, naik 15,7 persen dibandingkan pencanangan tahun lalu. “Sebesar 63 persen dari dana yang disiapkan, akan dialokasikan untuk kebutuhan ATM (Anjungan Tunai Mandiri) dan 37 persen untuk memenuhi kebutuhan cabang,” ujar Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri, Rohan Hafas dalam keterangan resmi, Minggu (20/12).
Rohan menjelaskan, pendistribusian dana difokuskan pada wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Ia mengaku alokasinya mencapai 60 persen dari total dana yang disiapkan. Di samping itu, wilayah-wilayah lain yang membutuhkan dana dalam jumlah besar antara lain, Surabaya, Bandung, Medan, Pekanbaru, dan Palembang.
“Pendistribusian dana akan dilakukan pada 18-31 Desember 2015. Pasalnya, pada rentang waktu tersebut, transaksi masyarakat diperkirakan akan meningkat untuk pemenuhan kebutuhan perayaan Natal dan tahun baru 2016,” jelasnya. Bank Mandiri, lanjut Rohan, juga memastikan kecukupan pasokan uang untuk mengisi ATM, menjaga ketersediaan infrastruktur, dan sistem operasional ATM agar kenyamanan nasabah dalam melakukan transaksi keuangan menjelang Natal dan tahun baru dapat tetap terjaga.
“Untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan dana nasabah, kami juga menyiapkan pasokan dana sebesar Rp1,6 triliun per hari untuk mengisi mesin ATM sejak satu pekan sebelum Hari Natal. Jumlah tersebut naik sekitar 6,76 persen dari rata-rata harian pasokan dana ATM pada tahun lalu,” jelas Rohan. Menurut Rohan, bank pelat merah tersebut telah menerapkan sistem Cash Management dan sistem monitoring operasional seluruh ATM untuk memastikan ketersediaan uang dalam ATM.
“Dengan menerapkan sistem tersebut, kenaikan kebutuhan kas ATM maupun permasalahan ATM akibat perubahan pola belanja nasabah dapat diminimalisir dan ditangani secepatnya, sehingga ATM Mandiri akan selalu ready for use bagi nasabah,” katanya Saat ini, lanjutnya, nasabah Bank Mandiri dapat melakukan transaksi melalui 17.324 ATM Mandiri yang tersambung dalam jaringan ATM Link ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus di seluruh Indonesia.
Selain ATM, Bank Mandiri juga menyediakan layanan 24 jam lainnya, yaitu Mandiri SMS, Mandiri Mobile, Mandiri Internet banking dan Mandiri Call atau Phone Banking. Mandiri Call 14000 melayani nasabah 7x24 jam sepanjang tahun termasuk pada periode libur Natal dan Tahun Baru 2016.
“Seluruh jaringan 2.438 kantor cabang Bank Mandiri akan tetap beroperasi normal pada hari kerja hingga akhir tahun 2015, kecuali pada libur Natal dan tahun baru,” katanya Adapun pada cuti bersama 24 Desember 2015 serta hari libur akhir pekan (26/12, 2/1 dan 3/1), sebanyak 251 kantor cabang akan beroperasi secara bergiliran untuk memberikan layanan perbankan terbatas dan menerima pembayaran delivery order SPBU-SPBU Pertamina
No comments:
Post a Comment