Sunday, December 20, 2015

Jokowi Rencanakan 4G LTE Untuk Mempercepat Pertumbuhan Ekonomi

Membuka secara resmi 4G LTE secara nasional, tak ada sepatah kata yang dikeluarkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Namun, ada pesan khusus yang disampaikan olehnya, seperti diutarakan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. "Jadi pesan Pak Jokowi agar 4G LTE ini tidak hanya untuk SMS atau telepon saja, tapi bisa dimanfaatkan untuk ekonomi, percepatan ekonomi," begitu pesan Jokowi, seperti dituturkan oleh Rudiantara.

Jokowi berharap, kata Rudiantara, dengan kehadiran 4G LTE mampu mendorong ekonomi di Indonesia lebih baik lagi. Walaupun tak bisa seluruhnya akan meningkat. Bagaimana caranya? Chief RA, demikian dia disapa, mengatakan bahwa 4G LTE merupakan enabler pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Internet cepat ini tak hanya soal jaringan saja, tapi ada ekosistem yang lain, seperti device dan aplikasi.

"Secara khusus kan ada e-commerce, transaksi dari ekonomi di sektor itukan besar. Jadi, 4G LTE itu nantinya tak cuma sekedar pipa saja," kata Rudiantara. Dia mencatat, di tahun ini saja perputaran transaksi di sektor e-commerce atau perdagangan elektronik mencapai US$ 12 miliar, dan diharapkan tahun 2020 bisa mencapai US$ 130 miliar.

Dia juga sempat menambahkan dalam bidang ICT, Indonesia masih berada di nomor 4 se-Asean, di bawah Singapura, Malaysia, dan Thailand. Malah Vietnam mulai menyusul Indonesia. Rudiantara berharap, tahun 2019 Indonesia bisa menuju posisi nomor dua di bidang ICT. "Karena Singapura, dengan kondisi negaranya begitu mudah membangun infrastruktur," katanya.

No comments:

Post a Comment